Minggu, 10 November 2013

Banyak jasa minim perhatian dan penghargaan






Hari ini 10 November, seluruh indonesia memperingatinya sebagai Hari Pahlawan setiap tahunnya. Akan banyak jenis pahlawan dalam kehidupan kita....dan semua bermakna sama, adalah seseorang yang mempunyai jasa terhadap kehidupan kita sehingga kita bisa menjalani sesuatu dengan lebih baik. Namun yang akan kita bicarakan adalah Pahlawan bangsa ini yang telah banyak berjasa terhadap kemerdekaan yang telah kita raih saat ini....

Pada jaman sebelum kita menghirup udara kemerdekaan, telah banyak pahlawan yang telah gugur untuk melawan penjajah, demi satu kata " merdeka ". Sampai pada tanggal 17 Agustus 1945... Melalui Soekarno Hatta...corong kemerdekaan disuarakan. Namun sudah cukup layakkah imbalan yang diterima para veteran pejuang kemerdekaan republik Indonesia ini?

Beberapa kali masih saya melihat melalui melalui berita di media cetak dan televisi tentang nasib dari para veteran yang kini kondisinya sangat memprihatinkan. Ada yang menjadi tukang sayur, ada yang menjadi tukang becak bahkan tukang tambal ban, meskipun ada beberapa dari mereka yang hidup dengan baik dan layak. Namun kebanyakan potret hidup para veteran ini nyaris tidak lah indah.....kedua kakek saya almarhum yang juga veteran, masih jauh beruntung karena anak, cucu nya masih perduli dan sangat menyayangi beliau. Dan setiap pulang dari upacara Hari Pahlawan di gedung Grahadi Surabaya bersama Gubernur dan pejabat lainnya, sesampai dirumah selalu dengan nada sendu bercerita tentang kehidupan rekan veteran lainnya yang masih jauh dari sejahtera....atau menceritakan giliran teman veteran yang mana lagi yang dipanggil Allah SWT alias meninggal dunia..

Sementara disisi lain, generasi berikutnya yang tinggal menghirup udara kemerdeKaan ini tanpa berjuang melawan penjajah banyak diantaranya yang tidak mensyukuri atas semua karunia kemerdekaan yang diberikan Tuhan melalui perjuangan para pahlawan ini....masih cukup banyak sosok seorang pimpinan yang tidak amanah terhadap tanggung jawabnya...cukup jamak ditemui korupsi di berbagai hal dan tempat. mulai dari rakyat biasa hingga wakil rakyat. Uang sebesar 20 ribu rupiah mungkin hanya sekedar uang receh yang diperuntukkan untuk bayar parkir di dalam mall atau pusat perbelanjaan, tapi buat para veteran yang kini hanya menjalani hidup sebagai tukang becak, tukang sayur, bahkan tukang tambal ban, 20 ribu rupiah mungkin adalah biaya makan mereka selama 2 atau mungkin 3 hari. Koruptor yang merugikan negara dengan nilai yang fantastis kadang hanya mendapat ancaman hukuman yang tidak sepadan dengan kejahatan yang mereka lakukan. Bahkan kalau mereka beruntung, tak satu jerat hukum pun yang akan mereka terima. Sungguh suatu yang mengiris hati....Sementara para veteran ini banyak pula yang telah menyuarakan harapannya untuk mendapatkan tunjangan veteran dengan nilai yang lebih tinggi agar mereka dapat menyambung hidup, namun mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan selama bertahun-tahun....

Namun saya bersyukur, masih ada juga masyarakat yang berupaya menghargai kemerdekaan ini dengan prestasi dan memasyarakatkan nilai positif dalam kehidupan sehari-hari. Paling tidak dengan semua itu jerih payah mereka tidaklah sia-sia. Dan satu upaya positif pula yang dilakukan oleh pemerintah setelah dalam penantian yang cukup panjang, melalui undang-undang tentang veteran republik Indonesia pada tanggal 5 oktober 2012 dimana presiden SBY telah menandatangani undang-undang yang berisi beberapa point penting, yang intinya sebagai sarana untuk lebih mensejahterakan nasib para veteran republik indonesia.

SBY saat itu menyampaikan bahwa pemerintah akan memberikan tunjangan dan penghargaan kepada veteran RI, diantaranya untuk veteran pejuang kemerdekaan yang melakukan operasi kedaulatan bangsa negara pada tahun 1945 tahun 1949. Yang kedua bagi veteran pembela kemerdekaan, golongan ini adalah veteran trikora, veteran dwikora dan veteran seroja disamping itu ada pula yang mengemban tugas dibawah PBB, yang ketiga ialah, veteran anumerta yang gugur dalam masa perjuangan. Selain itu tunjangan kehormatan dan dana kehormatan ditambah hak untuk dimakamkan di taman makam pahlawan akan diberikan. Sangat bahagia rasanya saya mendengarnya, karena secara tidak langsung melalui cerita kakek saya , saya mengetahui bagaimana upaya mereka untuk bertahan hidup dari serangan penjajah...dan bertahan hidup pasca kemerdekaan agar mereka tetap bisa makan. Tentu dengan undang-undang itu akan jauh lebih memanusiakan dan menghargai jasa-jasa mereka. 

Setiap saya melihat para veteran yang kurang beruntung hidupnya ini di berbagai kesempatan, hanya mampu mengucap doa tulus. Keuntungan dunia mungkin tidak mereka dapatkan, namun semoga Allah akan membalasnya dengan imbalan yang jauh lebih berharga...yaitu surga Allah. Amien ya Rabb.

Selamat Hari Pahlawan.....Terimakasih berkat engkau kami mampu menghirup udara kemerdekaan. Semoga kami amanah menjaga nikmat kemerdekaan ini..



NB : poto dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar