Jumat, 07 Februari 2020

Al Quran dari kulit kayu sebagai jejak penyebaran agama Islam di Pulau Alor


Pulau Alor sebagai salah satu tujuan penyebaran agama Islam dari Kesultanan Ternate juga menyimpan peninggalan bersejarah, yang hingga kini masih terawat dengan baik. Peninggalan tersebut yaitu Al Quran yang terbuat dari bahan kulit kayu tipis dan ditulis dengan tinta serta pewarna alami yang masih 98% utuh kelengkapan ayat dan suratnya.



Menurut sejarah, Al-Quran kuno ini dibawa ke Alor pada 1523 M oleh Iang Gogo dari Kesultanan Ternate (pada masa Sultan Baabullah), yang merantau bersama keempat saudaranya dengan misi penyebaran agama Islam hingga ke Pulau Alor.  Kini Al Quran tersebut disimpan di Desa Alor Kecil, Alor, di sebuah rumah milik keturunan ke-14 dari Iang Gogo, yaitu Nurdin Gogo.



Letaknya di sebelah masjid yang dibangun pertama kali di pulau Alor, Masjid Babussholah yang tak jauh dari pesisir pantai Alor Besar. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1633 Masehi dan sudah beberapa kali direnovasi. Al Quran tertua dan masjid Babussholah termasuk saksi sejarah masuknya Islam di Pulau Alor melalui perdagangan, dan pengaruhnya membuat mayoritas penduduk di pesisir pulau tersebut beragama Islam.



Terdapat suatu cerita dimana rumah pondok tempat Al Quran ini tersimpan sekitar tahun 1982, terjadi kebakaran besar yang menghanguskan seluruh bangunan dan isi rumah termasuk semua benda-benda peninggalan Iang Gogo yang dibawa dari Ternate. Tetapi anehnya, Alquran tertua ini tidak terbakar dan hingga saat ini masih tetap terawat dan utuh,
Sedangkan Masjid tua yang berada disamping rumah tempat penyimpanan Al Quran tua itu menjadi salah satu pusat dakwah para pembawa syiar ketika mereka membawa masuk misi Islam di Kabupaten Alor. Masjid tua tersebut masih digunakan sebagai tempat ibadah hingga saat ini.


Untuk menuju ke tempat penyimpanan Al Quran ini anda bisa naik angkot dari Kalabahi menuju ke Alor besar, perjalanan memakan waktu kurang lebih 45 menit, akses jalan yang dilalui sudah cukup bagus, dengan pemandangan alam pantai dan laut Alor yang mempesona.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar